FAQ

A. Setup Hotely

  • Bergantung pada banyaknya department, shop, dan detail accounting.
  • Pertama, sudah melakukan pembayaran.
  • Tim hotely akan membantu dalam setup awal baik secara offline/online.
  • Untuk setup online tidak dikenakan biaya tambahan.
  • Untuk setup offline biayanya menyesuaikan akomodasi dan lama pelatihan yang diperlukan.

Ya, Hotely sudah support Booking Engine (BE) dan tidak ada extra charge.

Untuk COA yang sudah dimasukkan tidak dapat dihapus, tetapi dapat diedit ke nama lain.

  • NP x (1  + (Service+PPN)).
  • Artinya service terkena pajak.

Minimum berlangganan adalah 1 tahun:

  • IDR 2.000/room sales; namun bila penjualan terlalu sedikit maka Min charge menyesuaikan kondisi hotel dan negosiasi.

B. Booking

Sebuah reservasi dikatakan sebagai dayuse apabila waktu antara check-in dengan check-out tidak melalui running audit.

  • bergantung dari CM apakah bs dayuse / tidak.
  • Sudah bisa digunakan oleh semua segment.

Jadi untuk early check-in dan late check-out yg dikenakan extra charge nanti dijadikan item. Biasanya dibuat shop untuk front office, kemudian item type nya adalah surcharge, item nya early check-in dan late check-out

Untuk menjalankan date system harus menggunakan running audit.

Ada beberapa yang menjadi concern atau pertimbangan dalam pembuatan:

  • Yg pertama sebagai pengingat
  • Tamu yang sudah reserve tetapi belum hadir (perlu di cancel reservation agar bisa dijual kembali)
  • Tamu mungkin sudah datang, tetapi lupa di check-in kan
  • Tamu sudah keluar/check-out, tetapi statusnya masih In-house
  • Untuk keamanan data
  • Data tamu belum lengkap
  • Masih ada tamu Open Bill
  • Sebagai toleransi waktu (tamu yang datang pukul 00.02)
  • Untuk segment individual/walkin, bisa click tombol (+) pada baris Room
  • Untuk segment offline travel / goverment / corporate, harus membuat company profile dl, baru bisa click tombol (+) pada baris Room

Untuk kasus ini dapat dikategorikan sebagai complimentary / gratis. Jadi untuk fasilitas yang dipakai tersebut nanti akan masuk ke report tetapi tidak mempengaruhi revenue (tidak kena service dan pajak).

Bisa, asalkan sudah membuat minimal 1 rate code, harga dapat diubah secara manual pada bagian arrangement model

Jadi untuk reservasi yang sudah masuk, tetapi tamu tidak datang, sebaiknya tetap dimasukkan check-in kemudian dibuat status dayuse, sehingga revenue tetap masuk ke sistem

  • Vacant Clean = Kosong bersih (hijau), room kosong dan bisa diorder
  • Vacant Dirty = Kosong kotor (merah), room kosong tetapi tidak bisa diorder, biasanya setelah dipakai (cancel/check out)
  • Occupied Clean = Isi bersih (merah), room berisi tamu, tetapi sudah dibersihkan
  • Occupied Dirty = Isi Kotor (merah),  room berisi tamu
  • Out of Service = dalam perbaikan (sebentar)
    • bisa jadi memang tidak dijual misal karena low season, untuk hemat listrik, tapi kalau tiba2 penuh, yg OOS ini bisa di open
  • Out of Order = dalam perbaikan (lama)
    • jadi OOS masih masuk perhitungan persentase yg occupancy, tapi OOO gak ikut

C. Transaction

Bisa, jadi pada add transaction (floor view), kemudian pilih department, item type, item, nanti akan muncul kolom harga. Harga yang muncul tersebut dapat diubah sesuai kebutuhan.

  • Untuk shop tambahan apakah dikenakan biaya tambahan?
    • Tidak ada tambahan biaya apapun untuk shop baru, walaupun sudah berjalan 1 bulan.
  • Untuk Menu seasonal apakah harus membuat menu baru?
    • Untuk menu yang bersifat seasonal, bisa dibuat menu secara custom, dengan catatan harus menginput harga satuan, quantity, serta COA
  • Berapakah jumlah maksimal shop yang dapat dibuat?
    • Dari hotely tidak membatasi jumlah shop yang akan dibuat, tapi dari pengalaman terbanyak, hotel yang pernah dibuat sebanyak 8 shops dalam 1 hotel.
  • Untuk role shopkeeper apakah ada tampilannya sendiri atau menjadi 1 account?
    • Hotely sudah menyiapkan beberapa role untuk kebutuhan setiap hotel. Role ini dapat dibuat oleh account administrator hotel maupun owner.
    • Untuk tampilan shopkeeper dapat hanya melihat 1 shop saja maupun keseluruhan shop, bahkan bisa juga untuk yg membutuhkan approval.
  • Apabila ada kesalahan pada report (kesalahan pengelompokan) apakah yg harus dilakukan?
    • Pemilik property dapat menghubungi tim Hotely agar dilakukan perbaikan dalam report
  • Apakah ada report untuk keseluruhan Hotel?
    • Jadi apabila client memiliki beberapa hotel dalam 1 account, untuk saat ini kita belum ada report gabungan/keseluruhan, tetapi bisa kita buatkan reportnya dan dikenakan extra charge untuk fitur tersebut.
  • Apabila ada share profit untuk pihak ketiga pada shop, reportnya bagaimana?
    • Untuk pengaturan share profit dapat dilakukan pada pengaturan item type. Jadi untuk bagian report akan tertampil 2 revenue; untuk hotel dan untuk partner sesuai dengan persentase yang diisikan