Keuntungan Menggunakan Channel Manager untuk Bisnis Perhotelan

Selamat datang, Hotmania. Dalam artikel kali ini Hotmin akan membahas tentang Channel Manager untuk hotel. Apa itu Channel Manager dan apa saja fungsinya bagi bisnis perhotelan? Simak artikel berikut ini.

Apa itu Channel Manager?

Channel Manager adalah sebuah sistem yang membantu pendataan room inventory hotel dari berbagai platform dan kanal pemasaran sehingga dapat menghindari risiko overbooking atau double-booking. Sistem ini terhubung dengan Property Management System (PMS) yang Anda gunakan untuk manajemen operasional hotel.

Seiring dengan perkembangan jaman, tamu hotel tidak hanya menggunakan direct booking untuk memesan kamar melainkan juga menggunakan platform agen online atau Online Travel Agent (OTA) seperti Traveloka, Bookings.com, atau Tiketdotcom. Dengan pergerakan booking dan closing yang cepat dari berbagai titik penjualan, tentunya memastikan ketersediaan room akan menjadi masalah yang cukup kompleks. Channel manager dapat membantu untuk mengelola pesanan dari berbagai platform yang terhubung dengan efektif. Tidak hanya memastikan pengalaman terbaik pelanggan tetapi channel manager juga dapat membantu untuk meningkatkan revenue bisnis.

Apa Fungsi Channel Manager untuk Hotel?

Selain dapat membantu Hotmania untuk mengelola inventaris room hotel dan meningkatkan revenue, masih ada lagi berbagai macam fungsi Channel Manager yang dapat Hotmania nikmati manfaatnya. Berikut adalah beberapa fungsi yang akan Hotmin bahas.

Manajemen Inventaris yang Efisien

Channel Manager membantu hotel mengelola inventaris kamar secara real-time di berbagai kanal pemesanan seperti situs web hotel, agen perjalanan online (OTA), dan agen perjalanan korporat. Hal ini membantu menghindari overbooking atau double-booking.

Meningkatkan Pendapatan

Dengan memastikan ketersediaan kamar yang up-to-date di berbagai platform, hotel dapat memaksimalkan pendapatan dengan menawarkan kamar yang tersedia secara optimal.

Pengaturan Harga Fleksibel

Hotel dapat dengan mudah mengatur harga kamar dengan fleksibel. Harga bisa disesuaikan dengan minat dan faktor pendukung seperti musim liburan, hari besar keagamaan, atau kebijakan promosi. Hal ini memungkinkan hotel untuk menyesuaikan harga secara real-time dan meningkatkan daya saing.

Efisiensi Operasional

Dengan otomatisasi proses manajemen inventaris, hotel dapat mengurangi risiko human error dan meningkatkan efisiensi operasional. Channel Manager dapat membantu mengintegrasikan data antara platform pemesanan dan Property Management System (PMS).

Penghematan Waktu dan Tenaga

Manajemen inventaris manual memakan waktu dan memiliki banyak ruang untuk terjadi human error. Channel Manager dapat mengotomatisasi proses ini dan meningkatkan kualitas pelayanan.

Statistik dan Laporan

Selain dapat membantu untuk melakukan update pada inventaris, Channel Manager juga dapat menyediakan data dan statistik performa booking dari berbagai platform penjualan. Hal ini dapat menjadi pertimbangan bagi Hotmania untuk harga dan menentukan langkah marketing.

Integrasi dengan Sistem Eksternal

Channel Manager dapat diintegrasikan dengan Property Management System (PMS) untuk memastikan konsistensi data dan efisiensi operasional harian hotel.

Manajemen Reputasi

Dengan memastikan informasi ketersediaan kamar dan harga yang akurat di seluruh kanal pemesanan, hotel dapat menjaga reputasi dan integritas serta meningkatkan pelayanan untuk pengalaman terbaik bagi tamu.

Banyak sekali manfaat yang dapat Hotmania petik dari Channel Manager. Selain dapat meningkatkan revenue dengan manajemen reservasi yang efisien, Hotmania juga bisa memastikan kepuasan tamu dan meningkatkan citra bisnis hotel. Property Management System (PMS) Hotely hadir dengan Channel Manager yang terintegrasi ke dalam sistem untuk membantu operasional harian hotel jadi lebih mudah. PMS all-in-one ini juga dilengkapi dengan berbagai fitur yang menunjang perkembangan bisnis seperti Point of Sales (POS) terintegrasi, manajemen sumber daya, statistik dan laporan keuangan, dll. Hubungi Hotline kami sekarang juga dan dapatkan manfaat all-in-one PMS terlengkap.

More To Explore

Tim Hotely Menghadiri Acara PHRI Surakarta

Pada tanggal 22 Mei 2024, tim Hotely menghadiri acara yang diselenggarakan oleh Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Surakarta. Acara ini dilaksanakan di The Amrani