Adu Kuat Sistem Keycard

Hai, Hotmania, gimana, udah ada rencana staycation dimana weekend besok atau masih bingung cari hotel yang mantap? Hotmin ingin berbagi info sedikit nih. Dunia perhotelan saat ini mulai berkembang pesat. Dengan mulai menjamurnya boutique hotel dan budget hotel di beberapa daerah salah satunya Kota Semarang, tercipta persaingan ketat antara para pelaku usaha properti. Tidak hanya persaingan dalam harga namun juga teknologi yang diaplikasikan dalam properti tersebut, salah satunya adalah penggunaan keycard pada sistem pengaman pintu hotel yang biasanya hanya menggunakan kunci fisik. Keycard tidak hanya sebagai pengaman pintu saja, namun di dalamnya juga berisi data pengunjung yang dapat digunakan sebagai histori buku tamu hotel. Gimana, Hotmania, canggih bukan hotel sekarang? Tapi jangan skip dulu karena Hotmin akan kupas tuntas sistem keycard ini. Yuk, simak.

Apa itu Keycard?

Keycard seperti yang dilihat dari kata “key” yang berarti kunci dan “card” yang berarti kartu, merupakan kartu plastik yang memiliki chip atau pita magnetik yang digunakan untuk membuka atau mendapatkan akses untuk masuk ke suatu area yang terkunci. Kartu ini digunakan sebagai pengganti kunci fisik konvensional yang biasanya digunakan pada pintu.

Prosesnya sendiri dengan menggesek atau meletakkan kartu ke dalam pembaca kartu yang terhubung dengan sistem keamanan. Jika kartu terdaftar atau terotorisasi dalam sistem keamanan maka pintu atau akses ke area tersebut akan terbuka. Sistem ini lebih aman dan mudah dikelola dibandingkan dengan kunci konvensional karena dapat dibatalkan atau diganti dengan cepat aksesnya apabila kartu hilang atau dicuri.

Keycard sendiri dalam dunia properti sering digunakan pada akses pintu kamar hotel. Hal ini agar data pengunjung dan kamar dapat mudah dikontrol serta masuk dalam histori buku tamu pengunjung. Ada beberapa alasan mengapa dunia properti terutama industri perhotelan menggunakan keycard, antara lain:

  1. Kemudahan dan Efisiensi: Memberikan kemudahan bagi tamu karena tidak perlu membawa kunci fisik dengan kecenderungan mudah hilang. Staf hotel juga mudah mengelola akses dan memprogram masa tinggal tamu di keycard.
  2. Keamanan: Lebih aman dari kunci fisik yang mudah diduplikat dan apabila hilang atau dicuri pihak hotel dengan cepat dapat membatalkan akses dan menggantinya dengan keycard baru.
  3. Pelacakan Akses: Sistemnya dapat menyimpan log akses, sehingga hotel dapat melacak siapa dan kapan yang membuka pintu.
  4. Fleksibilitas Akses: Di Program sesuai masa tinggal tamu, hal ini memberikan kontrol yang lebih baik terhadap akses kamar.
  5. Terintegrasi Sistem Hotel: Terintegrasi dengan sistem manajemen hotel, seperti pemesanan dan pembayaran sehingga memudahkan dalam pemantauan administrasi.
  6. Branding dan Personalisasi: Sebagai branding dengan mencetak logo atau desain khusus pada kartu, juga dapat dipersonalisasi sesuai dengan tingkat keanggotaan atau status tamu tertentu.

Namun saat ini ada dua sistem keycard yang digunakan para pelaku usaha properti, Hotmania, yaitu keycard magnetic dan keycard RFID. Jadi lebih aman dan canggih mana nih? Simak baik-baik ya…

Keycard Magnetic

Sesuai dengan namanya “keycard magnetic” jenis keycard ini menggunakan pita magnetic sebagai sarana penyimpanan data informasi. Terletak di bagian belakang kartu dengan fungsi menyimpan data yang diperlukan untuk mengidentifikasi dan mengotorisasi pengguna. Data yang disimpan seperti nomor identifikasi atau kode akses yang dienkripsi dan disimpan dalam pita magnetic tersebut. Ketika kartu dimasukkan ke dalam sistem pembaca kartu yang sesuai, informasi dari pita magnetic tersebut kemudian dibaca dan sistem keamanan kemudian menginformasikan apakah kartu tersebut diotorisasi untuk membuka pintu atau mendapatkan akses.

Keunggulan keycard magnetic:

  1. Biaya Lebih Rendah: Cenderung lebih ekonomis dalam hal biaya dari pada keycard jenis lain.
  2. Kompatibilitas: Kompatibel dengan pembaca yang lebih lama atau sistem yang masih menggunakan teknologi yang sesuai dengan magnetic, memungkinkan upgrade bertahap.
  3. Tahan terhadap Air dan Debu: Meskipun tahan terhadap air dan debu namun tetap harus dijaga agar tidak tergores atau terkena magnet yang kuat.

Kekurangan keycard magnetic:

  1. Kemungkinan Kegagalan Baca: Rentan terhadap kegagalan baca, terutama jika kartu tersebut aus atau terpapar kondisi lingkungan yang buruk. Hal ini mengakibatkan kesulitan atau ketidakmampuan baca pada sistem pembaca sehingga pintu atau akses tidak dapat terbuka.
  2. Mudah Disalin: Relatif mudah disalin atau skim, meningkatkan risiko keamanan.
  3. Kapasitas Penyimpanan Data Terbatas: Kapasitas penyimpanan data seperti informasi yang dapat disimpan pada kartu terbatas.
  4. Rentan Rusak atau Deformasi: Mudah rusak ketika tergores atau terkena benda tajam juga ketika terpapar dengan magnet yang kuat.

Keycard RFID

Keycard RFID atau Radio Frequency Identification, jenis keycard ini menggunakan chip RFID atau tag yang dapat berkomunikasi dengan sistem pembaca RFID tanpa kontak fisik, sistem membaca informasinya menggunakan gelombang radio. Cara kerjanya melibatkan penyimpanan data identifikasi atau kode akses dalam chip RFID yang terpasang pada kartu yang didekatkan ke sistem pembaca RFID. Perangkat pembaca akan mengirimkan gelombang radio ke chip RFID dan chip tersebut akan membalas dengan mengirimkan informasi yang disimpan. Selanjutnya sistem keamanan akan memproses informasi tersebut untuk menentukan apakah kartu diotorisasi untuk membuka pintu atau mendapatkan akses.

Keunggulan keycard RFID:

  1. Keamanan Tinggi: Teknologi RFID lebih aman dibandingkan dengan pita magnetic karena data lebih sulit diretas atau disalin.
  2. Fleksibilitas Akses: dapat diprogram dengan mudah untuk memberikan akses dengan batasan waktu tertentu atau level keamanan berbeda.
  3. Kemudahan Penggunaan: Hanya dengan mendekatkan keycard pada sistem pembaca RFID tanpa menyentuh fisiknya, sehingga lebih nyaman dan cepat.
  4. Penyimpanan Informasi Lebih Besar: Kapasitas penyimpanan RFID lebih besar memungkinkan penyimpanan informasi tambahan seperti data tamu atau preferensi tertentu.
  5. Tahan Terhadap Kerusakan Fisik: Lebih tahan terhadap kerusakan fisik seperti goresan, air, dan suhu ekstrem.

Kekurangan keycard RFID:

  1. Biaya Implementasi Awal Tinggi: Memerlukan investasi awal yang lebih besar dalam hal perangkat keras dan perangkat lunak.
  2. Jarak Baca Terbatas: Pengguna harus cukup dekat dengan sistem pembaca untuk mentransfer data sebagai keamanan tambahan.
  3. Kartu Menggunakan Baterai: Menggunakan baterai kecil sebagai pendukung operasi chip yang memiliki usia pemakaian yang terbatas, sehingga ketika baterai habis kartu harus diganti.
  4. Kesulitan Menerapkan Standar: Banyaknya produsen keycard RFID menyulitkan interoperabilitas antara kartu dan sistem pembaca.

Itu dia Hotmania sekilas perbedaan antara keycard magnetic dengan keycard RFID. Jangan menilai buruk salah satu jenis keycard, karena semua mempunyai keunggulan dan kekurangan. Hotmin ingatkan sebisa mungkin pilihlah sistem pengaman sesuai kebutuhan dan budget Hotmania, yang terpenting adalah bangun sistem manajemen properti yang handal terlebih dahulu baru lengkapi fitur keamanannya.

PMS Hotely, merupakan salah satu pilihan produk PMS all-in-one yang dapat diandalkan untuk mendampingi pertumbuhan bisnis properti Anda. Selain dilengkapi dengan berbagai fitur yang menunjang efisiensi operasional, Hotely juga terintegrasi dengan fitur pelayanan pelanggan, serta Channel Manager (CM) yang mampu mendorong penjualan di berbagai Online Travel Agent (OTA).

Apa keunggulan dan manfaat PMS untuk pelaku usaha perhotelan:

  1. Sistem digital
  2. Analisis data
  3. Keamanan data
  4. Integritas data
  5. Efisiensi operasional
  6. Pendapatan Optimal
  7. Harga jaminan termurah hanya Rp,-2.000,00/ Room Sale

Itu dia Hotmania sekilas tentang Property Management System (PMS) Hotely, untuk membangun sistem handal sesuai bisnis properti Hotmania tentunya dengan harga terjangkau dengan kualitas terbaik. Dengan membangun sistem manajemen yang handal akan lebih mudah dalam menentukan sistem pengaman.

More To Explore

Tim Hotely Menghadiri Acara PHRI Surakarta

Pada tanggal 22 Mei 2024, tim Hotely menghadiri acara yang diselenggarakan oleh Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Surakarta. Acara ini dilaksanakan di The Amrani